Catat Ide

12/11/2011 01:55

Salah satu penghalang dalam proses penulisan adalah ide. kehadiran hasil budi daya otak ini memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam proses penulisan. Tak jarang proses penulisan harus berhenti hingga berbulan-bulan hanya karena tidak ada ide. Namun tak jarang pula penulisan hanya dilakukan semalam, karena ide yang muncul begitu deras.

Lalu bagaimana menyiasati hal ini? Hal mendasar yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga "ide" agar senantiasa hadir dalam proses penulisan. Bukan hanya proses penulisan, dalam proses kehidupan kita, seyogyanya ide senantiasa hadir dan terimplementasikan. Lalu bagaimana caranya "menangkap dan menjaga ide" agar tidak hilang? Caranya sederhana, bawalah selalu catatan kemanapun anda pergi dan catatlah setiap ide yang muncul, kapanpun dan dimanapun.

Ketika hal ini rutin kita lakukan, niscaya kita tidak akan pernah kehilangan ide dan inspirasi dalam menulis. Lakukan hal sederhana ini secara rutin dan terus menerus maka anda akan merasakan manfaatnya. Jika tidak ada kertas ataupun bolpoin, laptop/tablet/netbookpun jadi. Jika tidak ada, hppun jadi. Selamat mencoba (penakasih writing motivation)